• Kamis, 28 September 2023

Kawasan Pedestrian Piere Tendean Manado Layaknya Pedestrian Eropa

- Jumat, 10 Februari 2023 | 21:37 WIB
Kawasan Pedestrian atau pejalan kaki sepanjang Jalan Piere Tendean yang didesain khusus layaknya Kota-kota di Jepang dan Eropa hampir 100% rampung. (Foto/Aydan)
Kawasan Pedestrian atau pejalan kaki sepanjang Jalan Piere Tendean yang didesain khusus layaknya Kota-kota di Jepang dan Eropa hampir 100% rampung. (Foto/Aydan)

TERAS INFO - Kawasan pejalan kaki atau pedestrian di Jalan Piere Tendean, Kota Manado kini sudah sepenuhnya rampung dan berhasil menarik banyak perhatian masyarakat. Pedestrian yang dibangun oleh Pemerintah Kota Manado ini dimulai dari depan Jendela Indonesia hingga depan IT Center dengan panjang 2,4 kilometer.

 

Desain trotoar ini diadopsi dari kota-kota yang ada di Eropa dan Jepang. Seperti ada lampu taman, tempat duduk bersandar, dan fasilitas yang ramah disabilitas. Akan dilengkapi Pohon Tabebuya yang daunnya berwarna merah muda mirip Sakura untuk menambah sensasi seperti di Jepang.

 

Jalan trotoar dan bangkunya identik dengan warna merah. Untuk lampu-lampu tamannya sangat unik karena terlihat seperti cabang pohon, yang satu cabang untuk menerangi trotoar, dan satu lagi untuk menerangi jalan raya.

Baca Juga: Malalayang Beach Walk, Fasilitas Pedestrian Modern Pertama di Tepi Pantai Manado 

Uniknya, tepat di depan Mega Mall Manado, ada jalur khusus drop off point yang desain trotoarnya dibangun tempat parkir sementara untuk ojek online yang mengantar dan menjemput penumpang, membeli dan mengantar barang serta drop off untuk penumpang angkutan umum.

 

Lebar trotoar ini mencapai 8 meter sehingga berbagai aktivitas pejalan kaki dapat dilakukan seperti jogging, bersepeda, duduk santai dan juga berswafoto layaknya kota besar.

 

Seorang pengemudi ojek online, Adi Irham yang didapati sedang beristirahat disebuah bangku memuji fasilitas yang dibangun Pemkot ini.



 Baca Juga: Fakta Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menonton

“Bagus, indah, menarik. Fasilitas begini boleh meringankan kita pribadi kalo mo istirahat dudu santai so nda perlu pi warong-warong karena kalo dudu sini kan gratis sedangkan kalo dudu diwarong bayar,” ujar Irham.

 

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan Mursalim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X